Selasa, 21 Februari 2012

Pengertian iImu Hadis


1.      Pengertian iImu Hadis
     
            Hadis adalah perkataan, perbuatan dan ketetapan nabi Muhammad saw, demikian definisi hadis menurut ulama sunni. Sedangkan hdis menurut ulama syi’ah adalah perkataan, perbuatan dan ketetapan para maksumin. Selanjutnya  hadis ditinjau dari kualitasnya dibagi kepada tiga tingkatan yaitu shahih, hasan dan dhoif.

Hadis shohih

أما الحديث الصحيح: فهو الحديث المسند، الذي يتصل إسناده بنقل العدل الضابط عن العدل الضابط إلى منتهاه، ولا يكون شإذا، ولا معللاً.

            Hadis shohih adalah hadis musnad yaitud hadis yang bersambung sanadnya dengan penukilan dari seorang perawi yang adil lagi dhobit (seseorang yang diyakini mempunyai hafalan yang kuat) dari awal sanad hingga akhir sanad,  serta tidak ada syadz dan tidak pula berpenyakit (muallal).
            Dari definisi seperti ini, maka hadis akan terpelihara dari karakter  yang mursal, munqati’, syadz, dan illat (penyakit)  dan terpelihara juga dari bentuk kecacatan atau jarhu.

Hadsi hasan

الحديث الذي فيه ضعف قريب مُحتمل، هو الحديث الحسن، ويصلح للعمل به.
           
Hadis hasan adalah hadis yang ada dhoif sedikit yang dikandungnya itulah hadis hasan namun nasih boleh untuk diamalkan.
            Menurut pendapat lain mengatakan hadis hasan adalah hadis yang tidak sepi dari rijal sanadnya dari ketertutupan artinya tidak diketahui secara detail sanadnya, tidak pula diketahui dengan mudah keahliannya namun tidak lalai dan tidak pula mempunyai kesalahan yang banyak, tidak pula dianggap sebagai seorang pendusta.
Hadis Dhoif

وهو ما لم يجتمع فيه صفات الصحيح، ولا صفات الحسن المذكورة كما تقدم.

            Hadis dhoif adalah hadis yang tidak berkumpulnya atau tidak terpenuhinya sifat-sifat shohih, juga tidak tidak terpenuhinya sifat hasan sebagaimana yang telah disebut terdahulu.

Pembagian Hadi shoif:

1.      Hadis maudhu’


الحديث الموضوع شر الأحاديث الضعيفة، ولا تحل روايته لأحد علم حاله في أي معنى كان، إلا مقروناً ببيان وضعه. بخلاف غيره من الأحاديث الضعيفة التي يحتمل صدقها في الباطن، حيث جاز روايتها في الترغيب والترهيب

            Hadsi Maudhu adalah seburuk-buruk hadis dhoif, tidak sah periwayatnya kepada seseorang yang diketahui keadaannya dalam makna yang luas melainkan hanya dikaitkan dengan penjelasan dari pembuatnya. Berbeda dengan hadis dhoif  yang lain,  yang masih memungkinkan ada sisi kejujurannya dari sisi dalam dan masih dibolehkan periwayatanya dari segi anjuran dan peringatan.

2.    Hadis Mursal

إذا انقطع الاسناد قبل الوصول إلى التابعي، فكان فيه رواية راو لم يسمع من المذكور فوقه

Hadis Mursal adalah hadis yang terputus sanadnya sebelumsampai ke tabiin,  dan didalam periwayatan, ada seorang perawi yang tidak didengar  dari atasnya.

IbnuAbdil Bar mengaakan bahwa hadis mursal adalah hadis yang hanya sampai kepada tabiin. Menurut al Hakim hadis mursal berhenti kepada tabiin sedangkan menurut jumhur dan para fuqoha hadis mursal adalah hadis yang berhenti sampai kepada tabiin dan juga yang lainnya.






3.    Hadis Munqoti’

المنقطع ما روي عن التابعي فمن دونه، موقوفاً عليه من قوله أو فعله. وهذا بعيد ريب

Hadis Munqoti’ adalah hadis yang diriwayatkan dari tabiin tanpa dari yang lainnya dan dia terhenti hingga sampai tabiin baik perkataan maupun perbuatan dan ini adalah sangat jauh dan diragukan.

4.    Hadis Mu’adhdhol atau Mu’dhol

وهو ما سقط من إسناده اثنان فصاعداً ومنه ما يرسله تابع التابعي.

Hadis Mu’dhol adalah hadis yang terputus sanadnya dua orang atau lebih, diantaranya yang terputus dari tabiin al tabiin.

Hadis ditinjau dari sisi muttasil tidaknya sanad

1.  Musnad

هو ما اتصل إسناده إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم. وقال الخطيب: هو ما اتصل إلى منتهاه. وحكي ابن عبد البر: أنه المروي عن رسول الله صلى الله عليه وسلم، وسواء كان متصلاً أو منقطعاً

Hadis Musnad adalah hadis yang bersambung sanadnya sampai kepada Rasulallah saw. Menurut al Khotib hadis Musnad adalah hadis yang bersambung sanadnya sampai akhir sanad. Sedangkan menurut Ibnu Ab dil Bar bahwa musnad adalah hadis yang diriwayatkan dari Rasulallah saw baik bersambung atau terputus.

2.    Muttasil

الموصول وهو ينفي الإرسال والانقطاع، ويشمل لمرفوع إلى النبي صلى الله عليه وسلم والموقوف على الصحابي أو من دونه



Hadis Muttasil atau Maushul adalah hadis yang tidak ada irsal dan munqathi’  dan dijamin sampai (marfu’)  kepada nabi saw sedangkan hadis yang mauquf adalah hadis yang sampai kepada sahabat atau yang lainnya.

2.   Hadis Marfu’

هو ما أضيف إلى النبي صلى الله عليه وسلم قولاً أو فعلاً عنه

Hadsi Marfu’ adalah hadis yang disandarkan kepada Nabi saw, baik berupa perkataan atau perbuatan

3.    Hadis Mauquf

ومطلقه يختص بالصحابي، وقد يكون إسناده متصلاً وغير متصل، وهو الذي يسميه كثير من الفقهاء والمحدثين أيضاً: أثراً. وعزاه ابن الصلاح إلى الخراسانيين: أنهم يسمون الموقوف أثراً.

Sebagian ulama mengkhususkan dengan sahabat. Sanadnya sampai atau tidak. Para fuqoha menamakannya dengan atsar  bahkan ibnu sholah menyebutnya  mauquf atsar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar